Pendampingan OJL Peserta Diklat Guru Sahabat Keluarga: Serba Ekstra Di Masa Pandemi

Sebagai bagian dari kegiatan diklat Guru Sahabat keluarga tahap 1, dilakukan Pendampingan “On the Job” learning pada tanggal 26-27 April 2020 kepada 10 guru SLB N 1 Denpasar dan 10 guru SLBN 1 Badung Provinsi Bali. Kegiatan ini merupakan tahapan pendampingan guru dalam mengimplementasikan hasil dari diklat tahap 1 yang telah diikuti secara daring mulai tanggal 17-30 April 2021 yang lalu.

Kepala PPPPTK TK PLB, Bapak Abu Khaer, dalam arahannya, menyadari pada masa pandemi ini guru harus serba ekstra, baik itu ekstra sabar maupun beban pekerjaan. “Oleh karena itu, kerjasama dengan keluarga merupakan hal yang tidak bisa dielakkan apabila kita ingin memberikan layanan yang terbaik kepada peserta didik”, urai Pak Abu.

Dalam kegiatan ini hadir pula Bapak I Ketut Sumartawan, Kepala SLB N 1 Denpasar. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada PPPPTk TK PLB yang telah melibatkan guru-guru SLBN 1 Denpasar dalam program Guru Sahabat Keluarga. “Program ini sangat bermanfaat bagi guru-guru dalam membangun komunikasi serta Kerjasama dengan pra orangtua khususnya pada masa anak belajar di rumah” pungkasnya.

Program Guru Sahabat Keluarga – Kerjasama Guru dan Orangtua dalam Mendidik Peserta Didik dengan Disabilitas pada Masa Pandemi ini diselenggarakan oleh PPPPTK TK PLB Kemendikbud dan didukung Pemerintah Australia melalui Skema Dana Hibah Alumni (Alumni Grant Scheme/AGS) yang diadministrasikan oleh Australia Awards di Indonesia.

Pendampingan ini di fasilitasi oleh dua orang widyaiswara dari PPPPTK TK PLB yaitu Bapak Dede Supriyanto yang juga selaku penanggungjawab Program serta Bapak Suswanto Heru Purnomo. Dalam kesimpulannya, Bapak Heru sangat mengapresiasi semua aktivitas yang sudah dilakukan oleh para peserta dalam mengaplikasikan hasil diklat, dan beliau juga memberikan masukan-masukan sebagai bekal peserta dalam melanjutkan rencana aksi yang sudah disusun.(Dede, 29 April 2021).